soal dan kartu dasar kejuruan mutu pangan
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengelompokkan komoditas hasil pertanian
Lingkup Materi : Penanganan bahan
Materi : Komoditas hasil pertanian
Level Kognitif : Pengetahuan dan Pemahaman (L1)
Indikator Soal : Siswa mampu mengelompokkan komoditas hasil pertanian
Soal
Secara umum hasil pertanian dan perikanan dapat di kelompokkan ke dalam kelompok besar yang biasanya didasarkan pada sumber komoditas tersebut diperoleh/dihasilkan, yaitu kelompok bahan nabati dan bahan hewani. Yang termasuk kelompok bahan nabati antara lain :
A. Buah-buahan, sayuran, dan rempah
B. Kerang, lele dan gurami
C. Kacang-kacangan, telur dan bebek
D. Kambing, ikan tombro dan lele
E. Sapi, dan kambing
Kunci
A. , buah-buahan, sayuran, , rempah-rempah
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menjelaskan teknik-teknik sortasi dan grading bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen
Lingkup Materi : Penanganan bahan
Materi : Teknik sortasi dan grading
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Diberikan suatu pernyataan, peserta didik mampu mengenali teknik sortasi dan grading bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen
Soal
Konsumen selalu memilih buah-buahan yang memiliki ukuran besar karena dianggap lebih bermutu dibandingkan dengan buah-buah berukuran lebih kecil, maka hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah :
A. Pemisahan buah yang cacat
B. Memilih buah yang memberikan cita-rasa lebih baik
C. Menggolonkan buah masak dan belum masak
D. Memilih penanganan per unit berat lebih murah
E. Pemisahan buah berdasarkan ukuran
Kunci
E. Pemisahan buah berdasarkan ukuran
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menyebutkan beberapa bahan aditif yang diijinkan
Lingkup Materi : Dasar Proses
Materi : Bahan aditif yang diijinkan
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Diberikan pernyataan , Peserta didik mampu mengidentifikasi beberapa bahan aditif yang diijinkan
Soal
BTM ada yang diizinkan ada juga yang dilarang pemakaiannya. BTM yang diijinkan untuk digunakan adalah :
A. Asam Borat dan Asam Sitrat
B. Asam Benzoat dan Asam Sitrat
C. Asam Salisilat dan Asam Borat
D. Rodhamin dan Asam Borat
E. Formalin dan Rodhamin
Kunci
B. Asam Benzoat dan Asam Sitrat
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi
Lingkup Materi : Dasar Proses
Materi : Metode penggunaan suhu tinggi
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Peserta didik mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi
Soal
Pada proses pengolahan susu cair menggunakan suhu tinggi dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:
A. High Temperature Short Time (HTST) dan Blansing
B. Ultra High Temperature dan Low Temperature Long Time (LTLT)
C. Contact freezing dan Low Temperature Long Time (LTLT)
D. Contact freezing dan High Temperature Short Time (HTST)
E. Blansing dan contact freezing
Kunci
B. Ultra High Temperature dan Low Temperature Long Time (LTLT)
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengenali kerusakan mekanis yang dapat menurunkan mutu bahan hasil pertanian
Lingkup Materi : Dasar Pengendalian Mutu
Materi : Kerusakan mekanis yang dapat menurunkan mutu bahan hasil pertanian
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Peserta didik mampu mengenali kerusakan mekanis yang dapat menurunkan mutu bahan hasil pertanian
Soal
Memar dialami oleh bahan pangan yang disebabkan karena :
A. Tertusuk
B. Tergores
C. Terpotong
D. Hawa dingin
E. Terbanting
Kunci
E. Terbanting
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menghitung jumlah bahan kimia dengan % untuk membuat larutan garam
Lingkup Materi : Dasar Pengendalian Mutu
Materi : Menghitung jumlah bahan kimia dalam persentase ( % )
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Peserta didik mampu menghitung jumlah bahan kimia dengan % untuk membuat larutan garam
Soal
Garam seberat 25 gr ditambahkan air hingga volume 100 ml, lalu diaduk sampai larut sempurna. Berapakah konsentrasi larutan tersebut….
A. 5 %
B. 15 %
C. 25 %
D. 35 %
E. 45 %
Kunci
C. 25 %
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menerapkan HACCP pengolahan tahu.
Lingkup Materi : Keamanan pangan
Materi : Menerapkan HACCP
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Disajikan diagram alir proses pengolahan tahu,peserta didik mampu menerapkan HACCP pengolahan tahu
Soal
Diagram proses pengolahan tahu digambarkan sebagai berikut :
1 2 3
5 4
Berdasarkan diagram diatas, Critical Control Point (CCP) tahapan proses pembuatan tahu terdapat pada nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Kunci
C . 3
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu memberikan contoh penerapan hazard analisis control & critical control point (HACCP)
Lingkup Materi : Keamanan pangan
Materi : Contoh penerapan hazard analisis control & critical control point (HACCP)
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa mampu memberi contoh penerapan hazard analisis control & critical control point (HACCP)
Soal
Produk yang memerlukan penerapan HACCP dalam proses pengolahannya , antara lain ….
A. Pengolahan Susu dan penggilingan padi
B. Pembuatan Es krim dan Pengolahan biji kopi
C. Pengalengan ikan Pengolahan tepung tapioka
D. Pengolahan Susu dan Pengalengan daging
E. Pengalengan dagng dan Pengemasan buah segar
Kunci
D. Pengolahan Susu dan Pengalengan daging
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menerapkan teknik konversi bahan mempengaruhi dalam proses pengolahan
Lingkup Materi : Dasar Proses
Materi : Menerapkan teknik konversi bahan
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Siswa mampu menerapkan teknik konversi bahan mempengaruhi dalam proses pengolahan.
Soal
Teknik pengecilan ukuran pada pembuatan jam nanas dilakukan dengan...
A. Penggilingan dan penghancuran
B. Pengirisan dan pencacahan
C. Pemotongan dan penghancuran
D. Pemotongan dan pengirisan
E. Pemotongan dan pencacahan
Kunci
C. Pemotongan dan penghancuran
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menjelaskan tujuan penggunaan bahan tambahan makanan
Lingkup Materi : Dasar Proses
Materi : Penggunaan bahan tambahan makanan
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa mampu menjelaskan tujuan penggunaan bahan tambahan makanan
Soal
Salah satu tujuan penggunaan Bahan Tambahan Makanan (BTM) yaitu....
A. Menurunkan biaya produksi agar lebih murah
B. Menipu konsumen agar terkecoh makanan yang tidak baik
C.Menyembunyikan cara pengolahan yang tidak baik
D.Memperbaiki sifat organoleptik bahan olahan pangan
E. Menaikkan biaya produksi
Kunci
E. Memperbaiki sifat organoleptik bahan olahan pangan
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menyebutkan factor-faktor mutu bahan hasil pertanian
Lingkup Materi : Dasar Pengedalian Mutu
Materi : Faktor-faktor mutu bahan hasil pertanian
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa mampu menyebutkan factor-faktor mutu bahan hasil pertanian
Soal
Faktor fisik yang dapat menentukan mutu bahan,yaitu....
A. Aroma, rasa dan warna
B. Kotoran serangga dan benda asing
C.Protein, lemak dan karbohidrat
D.Volume, kerapatan dan kekenyalan
E. Berat, volume dan nilai gizi
Kunci
D. Volume, kerapatan dan kekenyalan
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi
Lingkup Materi : Dasar Proses
Materi : Memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Siswa mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi
Soal
Cara pengeringan yang paling tepat untuk diterapkan dalam pembuatan susu bubuk adalah....
A. Sun drying
B. Freeze drying
C. Spray drying
D. Oven drying
E. Vacum drying
Kunci
C. Spray drying
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengelompokan teknik pengendalian air bahan dalam pengolahan.
Lingkup Materi : Dasar proses
Materi : Mengidentifikasi teknik pengendalian kandungan air secara tradisional
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa mampu mengelompokan teknik pengendalian air bahan dalam pengolahan
Soal
Metode pengeringan secara alami (tradisional) memiliki kelebihan, diantaranya ...
A. Memerlukan luas lahan
B. Tingkat kehigienitasnya tinggi
C. Biaya Murah
D. Memerlukan keahlian khusus
E. Tergantung cuaca
Kunci
C. Biaya murah
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu Menjelaskan pengertian mutu bahan hasil pertanian
Lingkup Materi : Pengendalian mutu
Materi : Menjelaskan pengertian mutu
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa mampu Menjelaskan pengertian mutu bahan hasil pertanian
Soal
Berdasarkan ISO8402:1992, mutu didefinsilkan sebagai....
A. Atribut yang dimiliki bahan atau produk pangan yang dapat dinilai secara organoleptik
B. Derajat penerimaan konsumen terhadap produk yang dikonsumsi berulang
C.Karakteristik menyeluruh yang menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan.
D.Karakteristik fisik atau karakteristik tampak yang meliputi penampilan yaitu warna, ukuran, bentuk dan cacat fisik
E. Kualitas bahan pangan berdasarkan sifat fisik
Kunci
C. Karakteristik menyeluruh yang menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan.
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Sisiwa mampu merancang system pemantauan untuk setiap TKK dan penetapan tindakan.
Lingkup Materi : Pemantauan setiap titik kendali kritis
Materi : Merancang sistem pemantauan dan penetapan tindakan
Level Kognitif : L3
Indikator Soal : Sisiwa mampu merancang system pemantauan untuk setiap TKK dan penetapan tindakan
Soal
Pada pembuatan bakso, tahapan kritis yang harus dikendalikan dengan benar agar menghasilkan produk yang bermutu tinggi adalah pada proses....
A. Penimbangan
B. Pencacahan daging
C. Pencampuran Bahan
D. Perebusan
E. Pendinginan
Kunci
C . Pencampuran bahan
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengklasifikasi alat gelas dan nongelas yang digunakan dalam analisis gravimetri
Lingkup Materi : Mengklasifikasi alat gelas
Materi : Mengklasifikasi alat glas yang digunakan dalam analisis gravimetri
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Siswa mampu mengklasifikasi alat gelas dan nongelas yang digunakan dalam analisis gravimetri
Soal
Alat gelas yang digunakan dalam analisis gravimetri yang berfungsi untuk menyimpan, memanaskan dan mencampur senyawa kimia adalah..
A. Gelas ukur
B. Cawan petri
C. Labu erlemenyer
D. Tabung Reaksi
E. Spatula
Kunci
C. Labu erlemenyer
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik buah manga sesuai dengan standar SNI
Lingkup Materi : Dasar pengendalian mutu
Materi : Mengidentifikasi karakteristik buah mangga sesuai dengan standar SNI
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik buah manga sesuai dengan standar SNI
Soal
Ketentuan ukuran mangga dibagi berdasarkan kode ukuran dan bobot mangga, berdasarkan SNI kode ukuran 2 bobotnya adalah...
A. > 450 gr
B. 351-450 gr
C. 251-350 gr
D. 151-250 gr
E. <250 gr
Kunci
B. 351-450 gr
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menjelaskan perundangan makanan halal
Lingkup Materi : Perundangan makan halal
Materi : Menyebutkan perundangan makanan halal
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa mampu menjelaskan perundangan makanan halal
Soal
Perundang-undangan tentang jaminan produk halal diatur pada...
A. UU No 33 Tahun 2014
B. UU No. 33 Tahun 2004
C. UU No. 33 Tahun 2016
D. UU No. 18 Tahun 2012
E. UU No. 28 Tahun 2012
Kunci
A. UU Np.33 Tahun 2014
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menerapkan teknik konversi bahan dalam proses pengolahan
Lingkup Materi : Dasar proses
Materi : Menentukan teknik konversi dalam proses pengolahan
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Siswa mampu menerapkan teknik konversi bahan dalam proses pengolahan
Soal
Perhatikan pernyataan proses pengecilan ukuran berikut ini !
1. Mengecilkan buah membuat sari buah
2. Mengecilkan singkong untuk gaplek
3. Mengecilkan daging sapi untuk pembuatan sosis
4. Mengecilkan pepaya untuk manisan
Berdasarkan informasi di atas, yang termasuk proses penggilingan yaitu....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C.2 dan 4
D.3 dan 4
E. 2 dan 3
Kunci : B. 1 dan 3
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menganalisis pengujian bahan hasil pertanian
Lingkup Materi : dasar pengendalian mutu
Materi : Menganalisis pengujian bahan hasil pertanian
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Siswa mampu menganalisis pengujian bahan hasil pertanian
Soal
Kinesthetics atau sensory characteristics yang merupakan salah satu dari karakteristik mutu ditentukan dengan....
A. Indra peraba (finger feel)
B. Indra penciuman
C. Indra pendengaran
D. Indra perasa
E. Indra penglihatan
Kunci : A. Indra peraba (finger feel)
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menganalisis mekanisme kerja masing-masing bahan tambahan makananyang digunakan dalam pembuatan roti manis
Lingkup Materi : Dasar Proses
Materi : Menganalisis mekanisme kerja bahan yang digunakan dalam pembuatan roti
Level Kognitif : L3
Indikator Soal : Siswa mampu menganalisis mekanisme kerja masing-masing bahan tambahan makananyang digunakan dalam pembuatan roti manis
Soal
Roti yang empuk dapat diperoleh dengan menambahkan bahan yang berfungsi sebagai emulsifier. Bahan yang dimaksud yaitu....
A. Gula
B. Kuning telur
C.Ragi
D.Susu
E. Tepung
Kunci : B. Kuning Telur
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu Menerapkan pengujian mutu bahan hasil pertanian secara fisis-mekanis
Lingkup Materi : Dasar pengendalaian mutu
Materi : Menerapkan pengujian mutu bahan hasil pertanian secara fisis-mekanis
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Siswa mampu Menerapkan pengujian mutu bahan hasil pertanian secara fisis-mekanis
Soal
Salah satu metode pengujian secara fisik pada bahan pangan adalah....
A. Mengukur bobot jenis
B. Mengukur kadar vitamin
C. Mengukur kadar protein
D. Menetapkan gula invers
E. Mengukur mineral
Kunci : A. Mengukur bobot jenis
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen
Lingkup Materi : Penanganan bahan
Materi : Prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Disajikan beberapa pernyataan, siswa mampu menentukan penerapan dressing dengan benar Siswa mampu Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen
Soal
Perhatikan komoditas hasil pertanian berikut, yaitu beras, wortel, ikan, ubi jalar, telur, dan tomat. Dari contoh tersebut yang merupakan komoditas jenis perishable food adalah ….
A. ikan dan ubi jalar
B. wortel dan beras
C. beras dan telur
D. ikan dan wortel
E. telur dan ubi jalar
Kunci
D. ikan dan wortel
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen
Lingkup Materi : Penanganan bahan
Materi : Prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan
Level Kognitif : L2
Indikator Soal : Siswa mampu Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen
Soal
Perhatikan pernyataan berikut :
1) menghilangkan kulit pada wortel,
2) mengeluarkan isi perut/jeroan pada sapi,
3) pemotongan bagian ekor pada kambing,
4) menjemur pada ubi jalar setelah panen agar tanah mengering,
5) memisahkan bagian inti dari buah nanas.
Yang termasuk pada kegiatan dressing yaitu ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 3 dan 5
Kunci
B. 2 dan 3
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : siswa mampu menjelaskan dari pengecilan ukuran
Lingkup Materi : Dasar proses
Materi : Pengecilan ukuran
Level Kognitif : L1
Indikator Soal : Siswa dapat mengidentifikasi alat yang sesuai untuk melakukan pengecilan ukuran
Soal
Alat pengecilan ukuran dengan beberapa buah pemukul yang berputar pada suatu sumbu dan saringan yang berfungsi menghancurkan buah-buahan menjadi bubur buah adalah
A. Hammer mill
B. Burr mill
C. Gyratory mill
D. Roll mill
E. Jaw crusher
Kunci
A. Hammer mill
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mendeteksi adanya bahan tambahan makan yang tidak diijinkan pihak yang berwenang.
Lingkup Materi : Dasar pengendalian mutu
Materi : bahan tambahan makan yang tidak diijinkan
Level Kognitif : L3
Indikator Soal : Siswa mampu mendeteksi adanya bahan tambahan makanan yang tidak diijinkan oleh pihak berwenang
Soal
Pada uji kualitatif tahu, jika terbentuk warna ungu pada bahan maka tahu tersebut positif menggunakan ....
A. boraks
B. formalin
C. pengawet
D. pengenyal
E. MSG
Kunci
B. formalin
Komentar
Posting Komentar